Jumat, 15 Oktober 2010

Ternyata tidur 5 Jam Sehat Juga Loch

Konon kabarnya, lama tidur yang ideal itu sekitar 7 sampai 8 jam. Dengan begitu pas kita bangun tubuh akan menjadi lebih sehat dan segar. Ternyata, riset paling anyar yang meneliti tentang hubungan berapa lama seseorang tidur dengan panjang umur, menyatakan mereka yang biasa istirahat sampai 5 jam setiap hari, malah mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik.


Riset ini sempat dilakukan oleh para ilmuwan dar University of Carolina San Diego jurusan School of Medicine selama 14 tahun terhadap sekitar 450 responden wanita yang umurnya beranjak manula sampai yang benar-benar manula. Hasil riset tersebut nunjukin, responden yang tidurnya antara 5 sampe 6,5 jam umurnya lebih panjang ( Wallahualam)

Emang studi ini beda banget sama laporan riset sejenis sebelumnya dimana studi yang dilakukan dengan skala lebih besar di Amerika, malah mengindikasikan bahwa tidur yang kurang dari 7 jam, resiko terkena penyakit jantung cukup besar. Dalam kajiaannya , tidur kurang dari 6,5 jam lebih memungkinkan meninggal di umur sekitar 65 tahun.

Riset yang dilakukan tim dari School of Medicine ini diukur obyektif dan pendekatan yang berbeda. Mereka nggak mengukur tidur dengan cara monitoring aktivitas seperti riset yang sudah-sudah tapi menggunakan cara manual yakni wawancara dengan responden tentang kebiassan tidurnya. karena biasanya , cara manual jauh lebih akurat.

So, nggak usah khawatir klo sehari tidur nggak sampe 7 atw 8 jam. Tidur sekitar 5 sampai 6,5 jam secra konsisten kondisi tubuh masih baik juga. Malah ada yang bilang tidur sekitar 5 sampe 6,5 jam jauh lebih sukses. Nggak percaya?? tanya dech, sama orang2 yang sudah berada di puncak karirnya. Apa iya mereka tidur sekitar 7 sampai 8 jam??? Soalnya ada yang bilang nich, klo tidur 5 jam aja bakal bikin kita jauh lebih sukses dari sebelumnya...

Coba yuk!

Sumber : Majalah Gaul

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...