Kamis, 14 Oktober 2010

Inilah Nutrisi Penting bwt kita-kita

Palo Alto Medical Foundation menemukan bahwa resiko penyakit kronis yang berhubungan dengan makanan cukup besar terjadi pada kaum Adam dibanding kaum Hawa. Why??? Karena cowok terkesan cuek untuk memikirkan asupan nutrisi untuk tubuhnya sendiri. Cowok lebih mikirin makan apa aja yang penting perut kenyang. Padahal, dengan menerapkan pola makan yang seimbang plus sehat, cowok-cowok bakal punya bahan bakar sesuai kebutuhan dan asupan nutrisinya berguna banget bwt ngelawan penyakit kronis. Ada beberapa petunjuk sederhana bwt cowok-cowok dari American Dietetic Association agar punya kehidupan yang lebih sehat....Berhubungan dengan nutrisi penting yang pertama adalah 9 porsi buah dan sayuran. Cukup banyak yah sepertinya. Tapi memang porsi sebesar itulah yang dibutuhkan cowok dibanding cewek. karena cowok 1,5 kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung dan kanker dibanding cewek. Di dalam porsi tersebut terdapat kebutuhan cowok yakni mineral, vitamin dan fitokimia untuk melindungi tubuhnya dari penyakit.

Lalu nutrisi berikutnya adalah asupan lemak yang baik dan tepat. Pembatasan asupan lemak bwt cowok-cowok adalah 20 sampe 35 persen dari total kalori.. Udah gitu lemakjenuhnya juga harus dibatasin, nggak lebih dari 10 persen. Asupan nutrisi dari lemak jenuh ini terdapat pada daging merah, susu, mentega dan es krim. Sementara lemak tak jenuh dan lemak polyunsaturated ada pada minyak zaitun, minyak canola dan kangan-kangan.

Berikutnya adalah asupan nutrisi yang berasal dari kalsiun dan vitamin D. Cowok berusia 18 sampai 50 tahun butuh 1000 mg kalsium/hari dan 200 IU vitamin. Usia diatas 50 tahun dibutuhkan 1200mg kalsium/hari dan 400 IU vitamin D. sementara usia 70 tahun lebih vitamin yang dibutuhin adalah 600 IU vitamin D. Makanan yang dibutuhkan adalah susu dan ikan salmon. Sunber lain adalah bayam, kedelai dan jus jeruk. Sementara vitamin D ada juga dalam minyak hati ikan cod, mackerel dan kuning telur.

Salah satu nutrisi lain yang penting bwt cowok adalah makanan yang bisa menunjang kesuburannya(infertilitas) . Konsumsi setidaknya 90 mg vitamin C dan 11 mg zink/hari. Sumbernya berasal dari paprika, buah jeruk, kentang, melon, tiram, ayam, kacang mete, buncis dan sereal.

Terakhir, nutrisi penting bwt tubuh adalah asam lemak omega 3. Nutrisi dari zat ini penting banget bwt menghindari cowok dari kematian mendadak karena serangan jantung. Kebutuhan nutrisi ini bwt cowok sebesar 500 mg asam lemak omega 3 . Sumbernya ada pada salmon , tuna dan mackerel. Mengkonsumsi 2 kali seminggu akan sangat baik bagi tubuh cowok-cowok. Sumber lainnya ada pada biji rami dan kenari. Oh iya, semua nutrisi sebaiknya dikonsumsi secukupnya. Kalo kelebihan entar malah nimbulin masalah baru lagi...

Sumber : Majalah Gaul

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...