Jumat, 12 November 2010

Makanan Panas Jangan Simpan Di Plastik


Belakangan cukup gencar himbauan untuk nggak menggunakan plastik dalam hal apapun. Sebenarnya, himbauan itu benar banget. Plastik merupakan bahan yang paling sulit diolah kembali, sehingga benda yang biasa kita pakai untuk membungkus barang bawaan ini merupakan ancaman terbesar bagi Bumi. Plastik juga nggak baik buat kesehatan, karena komponen yang ada dalam plastik sangat berbahaya.


Bahaya plastik buat kesehatan sebenarnya ketika plastik kita gunakan untuk membungkus makanan panas. Kandungan yang ada dalam plastik yaitu pemlastis dioktilfalat atau DOP (bersifat toksisitas berdasarkan uji karsinogenik) yang berasal dari minyak bumi berbahaya. Pemlastis DOP yang dipanaskan pada media minyak dapat menyebabkan kontaminasi yang tinggi.


Sering kita jumpai ketika mie yang disajikan secara panas lalu dibungkus plastik , panas mie akan melebur dengan minyak mie dan plastik yang akhirnya menjadikan kandungan super toksit (racun berbahaya). Semakin panas air atau minyak di dalam plastik, maka makin tinggi pula kontaminasi plastik. Jika terlalu sering hal semacam ini terjadi, maka akan timbul penyakit Kanker.


Untuk mengurangi resiko Kanker yang disebabkan penggunaan plastik yang salah , ada baiknya jika kita menggunakan pembungkus sendiri yang lebih aman. Atau makan ditempat aja biar lebih aman...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...