Rabu, 12 Januari 2011

Drama Korea "DONG YI" (2010)

Annyeonghaseyo Chingu...
Dengar2 katanya Drama Korea Dong Yi akan tayang di Indosiar.... Pengen bwt Sinopsisnya secara umum, tapi karena aq sendiri belum pernah nonton, aq bagikan aja sinopsisnya yang bersumber dari Asian Grup yang aq tambah sedikit informasinya dan gambarnya....

Title: 동이 / Dong Yi
Chinese Title : 同伊
Also known as: Dawn
Genre: Historical
Episodes: 60
Broadcast network: MBC
Broadcast period: 2010-Mar-22 to 2010-Oct-12
Air time: Monday & Tuesday 21:55

Cast
Han Hyo Joo as Choi Dong Yi, later Choi Sook-Bin
Kim Yoo Jung as Dong Yi (child)
Ji Jin Hee as King Sukjong
Bae Soo Bin as Cha Chun Soo
Lee So Yeon as Jang Hee Bin / Jang Ok Jung
Park Ha Sun as Queen Inhyeon
Jung Jin Young as Seo Yong Gi
Jung Dong Hwan as Oh Tae Suk
Lee Kye In as Oh Tae Poong
Choi Chul Ho as Oh Yoon
Kim Yoo Suk as Jang Hee Jae
Son Il Kwon as Hong Tae Yoon
Shin Guk as Do Seung Ji
Na Sung Kyoon as Jung In Gook
Kim Dong Yoon as Shim Woon Taek
Park Jung Soo as Queen Myeongseong (Sukjong’s mother)
Kim Hye Sun as Court Lady Jung
Kim So Yi as Court Lady Bong
Ahn Yeo Jin as Court Lady Jo
Im Sung Min as Court Lady Choi
Jung Yoo Mi as Jung Eum
Kang Yoo Mi as Ae Jong
Oh Eun Ho (오은호) as Shi Bi
Han Da Min as Eun Geum
Choi Ha Na as Mi Ji
Lee Jung Hoon as Lee Jong Ok
Choi Jae Ho as Park Do Soo
Yeo Ho Min as Oh Ho Yang
Lee Hee Do as Hwang Joo Shik
Lee Kwang Soo as Young Dal
Jung Sung Woon as Choi Dong Joo
Jung In Ki as Kim Hwan
Jung Ki Sung as Kim Hwan’s disciple
Lee Sook as Lady Park
Kim Hye Jin as Seol Hee
Choi Ran as Lady Yoon (Hee Bin’s mother)
Choi Soo Han as Ge Dwo Ra (Dong Yi’s childhood friend)
Jung Eun Pyo as Ge Dwo Ra’s father
Jung Sun Il (정선일) as Park Doo Kyung
Kwon Min as Cha Soo Taek
Choi Jong Hwan as Jang Mu Yeol
Lee Hyung Suk as Geum / Prince Yeoning
Yoon Chan as Crown Prince, later King Gyeongjong
Heo Yi Seul as Young Sun
Maeng Sang Hoon as Kim Goo Sun
Oh Yeon Seo as Queen Inwon
Chun Ho Jin as Choi Hyo Won (cameo)
Lee Jae Yong as Jang Ik Heon (cameo)
Choi Il Hwa as Seo Jung Ho (cameo)
Min Joon Hyun
Production Credits
Chief Producer: Kim Ho Young (김호영), Ahn Seung Gak (안승각)
Producer: Lee Se Joong (이세중)
Director: Lee Byung Hoon, Kim Sang Hyub (김상협)
Assistant Director: Choi Jung Kyu (최정규), Kim Sung Wook (김성욱)
Martial Arts Director: Kim Sung Shil (김성실), Jung Jae Suk (정재석)
Screenwriter: Kim Yi Young

Sinopsis
Dong Yi mengisahkan pemerintahan Raja Suk Jong semasa Dinasti Chosun yang berfokus pada Dong Yi, seorang pelayan air yang mendapatkan kepercayaan dari Ratu In Hyeon. Dia kemudian menjadi dayang kesayangan Raja. Raja Suk Jong terkesan dengan doa-doa yang dipanjatkan Dong Yi untuk kesehatan Ratu selama perkara sengkat dengan selir Jang Hee Bin. Dong Yi selanjutnya menjadi selir dengan gelar Choi Sook Bin. Dia melahirkan dan membesarkan seorang putra yang nantinya akan menjadi raja ke-21dinasti Chosun, Yeong Jo.
Setelah ayah dan saudara laki-lakinya dieksekusi secara kejam, Dong Yi menjadi yatim piatu. Semasa pengejaran polisi Seo Yong Ki, Dong Yi bersembunyi diri di Jangakwon yang juga sebuah sekolah musik atas bantuan temannya, Suli. Karena pribadinya yang ramah dan pandai melucu, Dong Yi terpilih menjadi pelayan istana. Dong Yi punya teman bernama Cha Chun Soo yang selalu mencurahikan kasih sayang dan banyak berkorban untuknya. Chun Soo adalah sahabat kakak Dong Yi, Dong Ju.
Secara mengejutkan Dong Yi dipilih Raja Suk Jong menjadi selirnya. Jalan Dong Yi menjadi selir cukup berliku. Raja sempat bertikai dengan Ratu Jang Hee Bin sebelum kembali ke Ratu In Hyeon. Dong Yi kemudian melahirkan putra mahkota, Yeonangkun. Dong Yi mendidik pangeran Yeonangkun yang posisinya selalu berada dalam bahaya. Diantara segala permasalahan ini, wanita yang sempat terbuang ini tetap tegar mendampingi putranya yang setia. Pada titik tertentu, hidupnya mengalami perubahan luar biasa.
Dong Yi diperankan
Han Hyo Joo (Usia 11-49 tahun. Dilahirkan tahun 1670, 11 tahun kepemimpinan Raja Hyun Jong)
Image Dong Yi adalah ibu dari Raja Yeong Jo. Setelah diangkat menjadi selir, dia mendapat gelar Choi Sook Bin dengan kedudukan di tingkat ketiga sistem hierarki wanita Chosun. Dong Yi adalah sosok wanita cerdas, ceria, serta jenaka. Tidak hanya itu, dia juga mempunyai hati yang hangat dan sangat mengasihi fakir miskin.


Cha Chun Soo diperankan Bae Soo Bin Usia 20-55 tahun
Image Pemimpin baru Hanyang Gumgae, pasukan pendekar pedang rahasia. Dia bekerja sebagai pengawas mayat di siang hari dan menjadi anggota kunci Gumgae yang bertugas membersihkan negara dari “penyakit pemerintah” saat malam tiba. Meski berasal dari kelas rendah, dia memiliki kemampuan akademik yang cemerlang dan ahli berpedang.
Dia merupakan orang kepercayaan Choi Hyo Won, ayah Dong Yi, dan teman baik kakak Dong Yi, Dong Ju. Saat masuk Gumgae, dia masih sangat muda. Sebelum Choi Hyo Won dan Dong Ju dieksekusi, mereka meminta Chun Soo menjaga Dong Yi. Selanjutnya dia terus menjaga Dong Yi. Sepeninggal Hyo Won, dia membangun kembali Gumgae dan menempati posisi sebagai pemimpin baru. Dia tidak pernah melupakan kata-kata Dong Yi saat masih bocah, “Kelak saat sudah besar, aku akan menikah dengan Chun Soo.” Seumur hidupnya dia mencintai Dong Yi.
Raja Suk Jong diperankan Ji Jin Hee Usia 24-60 tahun. Raja ke-19 di dinasti Chosun (1661-1720)
Image Dialah yang mengembalikan otoritas raja yang sempat jatuh sebelumnya. Meski usianya baru 14 tahun saat diangkat menjadi raja, namun dengan kepemimpinan dan pengetahuan luas, dia berhasil menjalankan pemerintahan. Untuk memulihkan kekuasaan Raja yang sempat terpuruk selama dua kali perang, dia menyingkirkan Song Siyul yang merupakan sarjana utama di Chosun. Dengan kegigihan dan kekuatan kepemimpinan yang dimilikinya, Suk Jong mampu mengendalikan rakyat.
Meski bagi rakyat sosok Suk Jong sangat ditakuti, namun raja sesungguhnya berhati lembut dan cerdas. Di mata para selir pun, dia merupakan raja yang pandai dan fantastik. Suk Jong bertemu Dong Yi pertama kali di festival istana dan langsung terkesan dengan kehangatan dan kecerdasan wanita itu.
Seo Young Gi diperankan Jung Jin Young Usia 30-60 tahun, Kepala polisi
Image Sosok pribadi yang adil, tegas, dan selalau waspada. Dia menghormati Choi Hyo Won dan bekerja sebagai pengawas jenazah, sebuah pekerjaan yang rendah. Seo Yong Gi memperlakukan Hyo Won seperti warga dari kelas normal, tanpa memperdulikan status sosial yang dimiliki. Tapi setelah ayahnya terbunuh oleh salah satu anggota Gumgae, dia merasa dikhianati dan bersumpah untuk menumpas habis Gumgae. Saat Dong Yi membantu polisi, sekali lagi dia bertemu dengan wanita itu. Saat itu dia telah menjabat sebagai petugas polisi, dia pun memberikan banyak bantuan untuk Dong Yi.
Ratu In Hyeon diperankan Park Ha Sun Usia 16 tahun (1667-1701)
Image Ratu pertama Raja Suk Jong, raja ke-19 dari dinasti Chosun. Dia memiliki hati hangat, namun tak pernah mendapat perhatian dari Suk Jong. Pernah sekali dikeluarkan dari istana, namun kembali menjadi ratu. Umurnya juga tidak panjang. Dia sangat mempercayai Dong Yi dan memberikan banyak pertolongan padanya.


Ji Jin Hee Kembali Main Serial Saeguk Lewat Dong Yi
Image Ji Jin Hee beradu akting dengan bintang muda berbakat Han Hyo Joo dalam serial arahan sutradara Lee Byung Hoon, yang juga merupakan pernah sukses membesut Jewel In The Palace dan Ilsan. Peran Raja Suk Jong yang dinobatkan menjadi raja di usia 14 tahun adalah sosok kharismatik dan seorang pemimpin sejati semasa kepemimpinannya. Dia mencintai Dong Yi (diperankan Hyo Joo) dengan sepenuh hati. Dong Yi kemudian mendapat gelar Choi Suk Bin, selir Suk Jong yang juga ibu dari Raja Yeong Jo.
Ini adalah kali kedua Jin Hee bekerja bersama sama dengan Byeong Hoon. Nama Jin Hee melejit seantero Asia setelah membintangi Jewel In The Palace, serial TV hit yang diperaninya bersama Lee Young Ae dan merupakan kerjasama perdana Jin Hee dengan Byung Hoon. Banyak yang mengharapkan Dong Yi mengikuti jejak Jewel In The Palace karena sama-sama ditangani oleh Byung Hoon.
Bae Soo Bin Lagi-lagi Gagal Dapatkan Cinta Han Hyo Joo
Image Di serial yang berjudul sama dengan karakter tokoh utamanya ini, Soo Bin memerankan Cha Chun Soo. Chun Soo adalah pria yang selalu menjaga Dong Yi karena janjinya pada ayah Dong Yi. Dia juga dikisahkan mencintai Dong Yi. Ini kali kedua Soo Bin harus menelan kecewa karena gagal mendapatkan cinta Han Hyo Joo setelah Briliant Legacy. Keduanya sama-sama menjadi aktor paling dicari dalam industri hiburan setelah ikut main di Briliant Legacy tahun lalu yang sukses dengan kisaran rating 41,7 – 47,1 %. Untuk serial baru ini, Soo Bin harus menjalani latihan pedang agar mampu menampilkan sosok Chun Soo yang seorang pemimpin organisasi rahasia.

Terjual Ke 3 Negara Asia
Image Sutradara Lee Byung Hun tampaknya jadi jaminan sukses suatu serial Korea bisa sukses. Belum lagi tayang di Korea Selatan, hak tayang Dong Yi dikabarkan sudah terjual ke beberapa negara Asia. Serial 50 episode ini dilaporkan sudah terjual ke Jepang, Thailand, dan Hongkong, menambah keuntungan sekitar 8 Milyar Won (sekitar Rp. 80 Milyar) untuk MBC.
Dong Yi adalah garapan tangan dingin sutradara Lee Byung Hoon yang sebelumnya sukses membesut serial Yi San, Heo Jun dan Jewel in the Palace (Dae Jang Geum). Seperti disebutkan diatas, ini adalah kali kedua Byung Hun mengajak Ji Jin Hee main dalam serial garapannya. Setelah sebelumnya di Jewel in the Palace.
Han Hyo Joo yang didapuk memerankan karakter utama Dong Yi, merasakan beban yang cukup berat bersanding dengan beberapa nama besar industri hiburan Korea. Seperti biasa, serial semi otobiografi yang diawali masa kecil tokoh utama terkadang dimulai dengan rating rendah. Penayangan perdana Dong Yi diganjar rating 11,4 % di episode 1 dan 11.5 % di episode ke-2.
Serba-serbi
1. Choi Sook Bin adalah ibu dari Yeong Jo, Raja Chosun ke-21. Serial ini mengangkat kisah kehidupan Dong Yi serta putranya yang dramatis serta proses pertumbuhan sang putra mahkota Yeong Jo. Latar belakang historis Dong Yi alias Choi Sook Bin diceritakan dalam rentang tahun 1683 – 1724.
2. Setelah Dong Yi melahirkan putra mahkota, Dong Yi mendapat gelar Choi Sook Bin dan berbagi kedudukan yang sama dengan Jang Hee Bin. Kemungkinan itulah penyebab Hee Bin tidak suka pada Dong Yi.
3. Suk Jong adalah raja ke-19dinasti Chosun. Raja Suk Jong yang menjaga otoritas raja secara konkrit setelah 300 tahun ketimbang bekerja sama dengan dengan dunia luar Putranya dari Jang Hee Bin (Lee So Yeon) adalah Gyeong Jong, dia mengikuti jejak sang ayah, naik tahta sebagai raja ke-20 dinasti Chosun.
4. Putra Suk Jong dari selir Choi (Han Hyo Joo) adalah Yeoning yang kemudian menggantikan Gyeong Jong, menjadi raja ke-21 dinasti Chosun. Nama Yeoning berubah menjadi Yeong Jo saat diangkat menjadi raja. Jadi raja ke-20 dan ke-21 dinasti Chosun adalah saudara tiri beda ibu dan satu ayah. Putra Yeong Jo, yaitu putra mahkota Sado meninggal sebelum ayahnya. Jadi anak sado naik tahta mengikuti jejak kakeknya menjadi raja ke-22 dinasti Chosun. Dalam serial Yi San yang berkisah tentang Raja Jeong Jo, jeong Jo diperankan oleh Lee Seo Jin. Jadi Dong Yi adalah nenek buyut dari Raja Jeong Ji (Lee Seo Jin).
5. Selama pemerintahan Raja Suk Jong, dua partai besar yaitu Namin dan Seonin berulang kali memenangkan dan kehilangan kekuatan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Chosun, seorang pelayan wanita bisa naik ke kelas tertinggi yaitu Dong Yi. Dong Yi bertindak cerdas di tengah situasi berbahaya antara hidup dan mati setiap harinya, hingga membuatnya bisa menjaga keselamatan dirinya dan sang putra. Dengan cinta dan disiplin, dia membesarkan putranya seperti seorang pangeran dan pada akhirnya benar-benar menjadikan putranya seorang Raja. Caranya mendidik sang putra dan moral sang Raja, sangat dikagumi hingga kini.
6. Setelah mengenalkan tradisi seni pengobatan Korea di Heo Jun, kemampuan bisnis di Sang Do dan makanan Korea dalam Jewel In The Palace, seni dalam Yi San maka kini Byung Hun menampilkan dunia musikal Chosun.
7. Kelas terendah dalam dinasti Chosun adalah “Chunmin”. Tidak ada yang menganggap mereka sebagai “seseorang”, mereka diperlakukan seperti barang atau aset saja. Terdapat kontradiksi hierarki kelahiran seseorang dan variasi yang ekstrim pada abad ke-18 Chosun. Di sini pula diperkenalkan Gumgae yang sebenarnya, organisasi rahasia pendekar pedang kelas Chunmin pada masa dinasti Chosun.

Awards
- 2010 MBC Drama Awards: Grand Prize (Han Hyo Joo)
- 2010 MBC Drama Awards: Male Top Excellence Award (Ji Jin Hee)
- 2010 MBC Drama Awards: Female Excellence Award (Lee So Yeon)
- 2010 MBC Drama Awards: Female Newcomer Award (Park Ha Sun)
- 2010 MBC Drama Awards: Drama of the Year Award
- 2010 MBC Drama Awards: Special Child Actor Award (Kim Yoo Jung, Lee Hyung Suk)
- 2010 MBC Drama Awards: Golden Acting Award (Kim Yoo Suk)
- 2010 MBC Drama Awards: Female Popularity Award (Han Hyo Joo)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...