Minggu, 12 September 2010

Film Bollywood 3 idiots (2009)

Pemain:
Aamir Khan as Rancho
Kareena Kapoor as Pia Sahastrabudhhe
R. Madhavan as Farhan Qureshi
Sharman Joshi as Raju Rastogi
Boman Irani as Viru Sahastrabudhhe (ViruS)
Omi Vaidya as Chatur Ramalingam (Silencer)
Javed Jaffrey as Ranchoddas Shamaldas Chanchad
Rahul Kumar as Millemetre (MM)

Cerita dan Skenario: Rajkumar Hirani/ Chetan Bhagat
Sutradara: Rajkumar Hirani

ADAKAH yang lebih istimewa dari sebuah film ketika diapresiasi dan disanjung luar biasa oleh penonton, kritikus dan pelaku industri? Sampai-sampai mereka kesulitan menyebut sisi buruk film Three Idiots.

Three Idiots rilis di akhir tahun dan langsung menyentak industri perfilman Bollywood. Three Idiots seakan menjadi film tutup tahun termanis. Bayangkan Sembilan dari sepuluh penonton memberi angka Sembilan (skala 10) untuk film yang disutradarai RAJ KUMAR HIRANI ini. Sekadar catatan, bisa juga dilihat komentar penonton internasional di IMDB.COM yang memberi 8,9 poin untuk skala 10.

Skenario Three Idiots begitu bagus untuk mengalirkan dialog-dialog cerdas dan sangat kuat dalam mendukung keseluruhan cerita. Hampir tiap scene Three Idiots menjadi rangkaian cerita yang sulit untuk dilewatkan. Wajar jika penonton hanya bisa duduk manis dan terkagum-kagum selama hampir 3 jam – dan separuhnya adalah terpingkal-pingkal. Sungguh sebuah film yang sangat menghibur. Dan sebagai sebuah film drama komedi boleh dikata THREE IDIOTS ini, ALL IZZ WELL…

YAH “aal izz well…”, satu kalimat yang akan diingat oleh setiap penonton setelah dari keluar dari gedung. Apapun masalah hidup, yakinlah dengan kalimat “all is well” ini. Hadapilah dan semua masalah akan teratasi. Karena memang begitulah pesan yang ingin disampaikan pembuat kepada penonton film ini. Meskipun sebenarnya banyak filosofi dan pesan moral yang ada di Three Idiots ini. Misalnya saja golden rules bahwa meraih nilai dan kelulusan bukanlah tujuan utama dalam sebuah jalur pendidikan, tapi yang lebih penting justru mengejar mimpi. Bukankah sukses hidup mengajarkan demikian?

Bahwa sukses juga akan mengikuti mereka yang bekerja sungguh-sungguh pun menjadi golden rules yang bisa diambil dari pesan film ini.

Three Idiots menjadi film sukses juga karena dia begitu dekat dengan isu dunia pendidikan. Kasus-kasus yang terjadi di dunia pendidikan di banyak negara hampir mirip seperti yang digambarkan di film ini. Secara sosial, kultural, ekonomi, filosofi pendidikan menghadapi problem yang sama dan nyata seperti digambarkan di film. Ini yang membuat Three Idiots menarik.

DICERITAKAN, tiga mahasiswa: Rancho, Raju Rastogi dan Farhan Qureshi menjadi pelaku utama perkuliahan di sebuah universitas paling prestisius. Mereka harus menghadapi rektor yang luar biasa keras, VIRU SAHASTRABUDHHE. Juga seorang mahasiswa yang nerd (juga menyebalkan), Chatur Ramalingam (dijuluki Silencer). Viru yang ortodoks, kolot, keras kepala, tak punya belas kasihan adalah musuh bersama. Sementara Chatur merupakan pengganggu yang ingin mejadi nomor satu di kampus.

Chatur yang dipermalukan Rancho menantang ketiganya, dalam 10 tahun ke depan ia akan jauh lebih sukses dibanding mereka. Dan ternyata benar, Chatur lebih sukses dari Raju dan Farhan, hanya saja tidak diketahui nasib Rancho. Chatur, Raju dan Farhan pun mencarikeberadaan Rancho yang dianggap sebagai mahasiswa luar biasa di kampus.

Mereka temukan Rancho, tapi bukan Rancho teman kuliah. Mereka justru temukan Rancho yang tinggal di pucuk gunung dengan hanya menjadi guru bagi anak-anak kecil. Chatur merasa menang…

BUKAN Rajkumar Hirani (sutradara) kalau tidak banyak menghasilkan banyak kejutan menuju akhir cerita. Begitu banyak sekuen adegan menuju akhir cerita sangat menghibur dan penuh kejutan. Begitu nyata, begitu mengalir dan sangat masuk akal. Tentu saja penyelesaian maslaah mereka juga begitu manis.

MENYAKSIKAN Three Idiots juga tak ubahnya menyaksikan akting Aamir Khan yang luar biasa. Pertanyaan paling mendasar, apakah Anda terganggu menyaksikan laki-laki 44 tahun memerankan sosok mahasiswa yang semestinya berusia 18-22 tahun? Bila tidak, itulah hebatnya Aamir Khan. Begitu banyak film berkelas dihasilkan Aamir Khan: Lagaan (nominee Oscar 2001 – Foreign Language), Mangal Pandey, Rang De Basanti, Fanaa, Taare Zameen Par, Ghajini, semuanya merupakan film-film berkelas festival dan yang terpenting sukses secara komersial.

Sementara bagi Rajkumar Hirani, Three Idiots adalah langkah sukses penyutradaraannya setelah film box office yang dibuat sekuelnya, Munna Bhai MBBS. Dua sekuel film tersebut meraih pujian dan sukses secara komersial maupun meraih penghargaan di festival-festival film.

(MVP Pictures)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...