Jumat, 24 Desember 2010

catatan perjalanan ke SeOUL; Bapak yang baek dan dua putri kecilnya,,.

Sabtu malam minggu selalu menjadi hari yang special,setelah satu minggu disibukan dengan rutinitas kerja,saatnya ke MARKAZ berkumpul bersama teman-teman untuk menCHARGE spirit. Hari mulai beranjak malam,bulan ini masih dalam awal AUTUMN disini,keadaan cuacanya masih terasa segar. Kali menggunakan rute lain,kalau biasanya langsung menggunakan subway underground sekarang menggunakan Bus(Sine Buse,bis dalam kota) menuju Incheon intercity Bus terminal karena sudah janji ketemuan dengan teman disana dan kemudian dilanjutkan dengan subway.

Rakyat Korea sangat dimanjakan oleh pemerintah mereka dengan transportasi begitu mudah,murah dan efisien. Selain Subway Underground(cihachol-korean) yang super cepat,ada KTX(korean train Xpress) yang lebih dikenal dengan JET DARAT yang mempunyai kecepatan sehingga 350 km/jam,KRL(korean rail)kereta api biasa,dan ada juga tersedia Bus dalam berbagai jenis(tapi tak tersedia metro mini atau angkot,,.kayak di negeri zamrud khatulistiwa) . Ada empat jenis Bus disini;

1.마을 버스(maeul buse,Bus desa):ongkos jauh dekat sama saja(300 won),Bis ini masuk dalam gang-gang.

2.시내 버스 (sine buse,bus dalam kota) Ongkos jauh dekat sama saja 700 won,bis ini melayani rute-rute dalam kota (berhenti di halte-halte) dan tidak masuk ke gang-gang

3.시외 버스 (sioei buse;AKDP);ongkos tergantung jaraknya,melayani rute antar kota dalam propinsi)

4.고속 버스(kosok buse,AKAP);ongkos tergantung jarak tempuh;bus ini menghubungkan antar kota antar propinsi).

Dan utk Maeul Buse dan sine Buse bisa lebih murah lagi dengan menggunakan T-Money(alat pembayaran elektronik) bahkan bisa gratis kalau hanya sekedar transit. Masalah keamanan jangan dikhawatirkan disini,budaya antri dihayati dan dilaksanakan oleh semua warganya. biarpun "cepat"juga salah satu budaya mereka(tidak hanya ditempat kerja,di jalan diterminal,di mall, di stasiun ,..Anda akan melihat cara berjalan orang Korea terburu-buru,, bagai orang di kejar-kejar waktu,,*bak orang kebelet mo ke toilet*),,.tpi jangan salah kalau utk urusan antri kayaknya sudah menjadi konsesus umum, harga mati yang harus di patuhi. tidak ada aksi serobot menyerobot, dorong-dorongan utk mendahului semua tertib,teratur. Tentang jambret dan pencopet kayaknya tidak ada dalam kamus mereka. Yang lebih aneh**nya lagi Bis nya selalunya tepat waktu,bahkan di beberpa halte sudah disediakan layar monitor yang dapat memantau sedang berada dimana Bis nya sekarang.

Sine buse-hyundae

Sekitar jam 10.00 Bus sudah mendarat(Upss,,."sampai" maksud ea) di Incheon Intercity bus Terminal yang lebih di kenal dengna nama SHINSAEGE. Kemeriahan malam minggu sudah terasa,hilir mudik manusia dan alunan musik dari berbagai pusat perbelanjaan semakin menyemarakan malam. dengan teman yang sudah standby disana terus berjalan kaki menuju cihachol Yok(stasiun subway). Melewati taman disebelah terminal kelihatan lebih indah,dibawah temaram lampu kota terlihat muda-mudi yang sedang bercengkerama(maaf;adegan disini di CUT,tidak lulus SENSOR). akhirnya setelah menuruni anak tangga sampai juga di Yok(station)(kurang lebih 50 meter dibawah permukaan tanah). Tidak ada loket penjulan tiket disini yang ada hanya mesin ticket otomatis dan mesin isi ulang T-Money,dipintu masuk tidak ada juga penjaga pemeriksa tiket yang ada hanya sensor otomatiz tempat pemindai ticket atau T-money. Tak berapa lama subwaypun datang,tak sampai 20 menit sampai juga di Bupyeong.

KTX,,,.Jet Darat

Disini harus transfer ke line no.1 menuju SeOUL. Bupyeong begitu ramai malam ini,terutama di line 1 ke SeOuL mungkin dikarenakan orang-orang ingin ke SeOUL untuk besok paginya menyaksikan F-1 di yeongnam circuit SeOuL. Ini untuk pertama kalinya pagelaran F-1 di selenggarakan di negeri ginseng. Secara otomatiz orang-orang berdiri antri di depan pintu masuk dan ketika kereta datang,pintu terbuka mereka masuk secara teratur.

Kebiasaan burukku*** mulai muncul,aku suka memperhatikan tingkah polah orang disekelilingku(bukan mata keranjang yach,,.tpi curi-curi pandang,,..eeh bukan,.observasi aja,,.hehe). Perhatianku tertumpu pada 2 pasangan separuh baya,,...yg sambil terhuyung-huyung masuk kekereta api. Tercium bau alkohol yang menyengat. Huffttt,,..kata temenku orang tua itu mabuk karena minum SOJU(minumn keras khas korea). lain ladang lain belalang,lain tempat lain lain budaya. Minum SOJU adalah hal yang lumrah disini,,.nggak laki-laki,nggak perempuan,nggak muda ,nggak tua,kakek-kakek atau nenek-nenek sudah menjadi bagian dari tradisi. tapi sayangnya belalang-belalang***dari Indonesia ada juga yang ikut latah mengamalkan tradisi ini.

Ada juga agassi,sendirian, dengan menyeret Tas besar beroda,mengalungi kamera cyber shot sony,dan menjinjing boneka BABI,dipojokan ada juga dua sejoli yang dimabuk kasmaran.

Pandanganku tertumpu pada Bapak yang tengah tertidur pulas,disampingnya ada tas besar,dan di kedua pupunya kanan kiri tertidur dengan pulas dua putri kecilnya yang imutz kelihatannya sey kembar. Tak terlihat ibunya,sesekali Si Bapak terbangun dengan penuh KASIH sayang,membetulkan posisi tidur putri nya yang melorot,kemudian terlelap kembali. Muka si Bapak kelihatan capek sekali,mungkin perjalanan jauh. Hemmmm,,Kemana gerangan Ibunya??

Melihat keadaan si Bapak,jadi terfikir,,.. ada kalanya pada saat-saat tertentu Seorang Bapak juga harus bisa sekaligus BERPERAN sebagi seorang IBU,,.bagi putri-putrinya. Karena kata Rosululloh memotivasi ummatnya,,."orang terbaik diantara kamu adalah orang yang terbaik ahlaknya,,..dan orang yang paling baik terhadap keluarganya"(al-hadits),,.

Tak terasa kami sudah sampai ditujuan,dan ketika kami turun terlihat si Bapak dan dua putri kecilnya masih asyik terlelap tidur.

Si Bapak yang baek,,,semoga selamat sampai tujuan. Tapi bangun-bangun!!!!!! nanti kebabalasan lho,,..kasian dua putri anda yang imutz-imutz,,.....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...