Sabtu, 28 Desember 2013

Korean Movie "Castaway On The Moon" (2009) - Harapan

Movie: Castaway on the Moon (English title) / Mr. Kim's Floating Story (literal title)
Revised romanization: Kimssi Pyoroogi
Hangul: 김씨표류기
Director: Lee Hae-Jun
Writer: Lee Hae-Jun
Producer: Mu-ryeong Kim
Cinematographer Kim Byeong-Seo, Park Sang-Hoon
Release Date: May 14, 2009
Runtime: 119 min
Genre: Romance / Adventure / Award Winning
Distributor: Cinema Service
Language: Korean
Country: South Korea

Annyeonghaseyo...
Waktunya posting film korea dan sudah lama rasanya dewi tidak posting, hampir sebulan.

Para Pemain

Jung Jae Young sebagai Kim Seung Keun
Dililit hutang kartu kredit dan diputuskan sepihak oleh sang pacar membuatnya berpikiran pendek dan memutuskan terjun dari jembatan sungai Han. Tetapi apa yang didapatkannya, Seung Keun justru terdampar di sebuah pulau yang berada tak jauh dari kota. Awalnya Seung Keun merasa frustasi, mencoba segala cara untuk keluar dari pulau tersebut namun seiring berjalannya waktu Seung Keun mulai membiasakan diri dan menganggap pulau tersebut adalah rumah barunya.
Bercocok tanam, menggunakan perahu bebek sebagai tempat peristirahatannya, mengumpulkan berbagai barang bekas yang bisa digunakannya untuk menyambung hidup. Seung Keun seolah kembali ke jaman dulu, jaman primitif dimana semuanya serba klasik. Tidak ada bantuan tekhnologi dan yang ada hanyalah usaha dan kerja keras.

 
Jung Ryeo Won sebagai Kim Jung Yeon

Memilih hidup menyendiri di dalam kamarnya, jauh dari keramaian dan hiruk pikuk yang hanya membuatnya pusing, hidup dengan kubangan sampah dan yang bisa dilakukannya hanya memotret bulan. 2 kali dalam setahun diadakan simulasi bencana dan saat itulah Jung Yeon membuka jendela kamarnya di siang hari. Sebuah objek menarik di sebuah pulau yang tanpa sengaja tertangkap lensa kameranya membuat Jung Yeon menjadi sedikit tertarik dan mengira jika pria di pulau tersebut adalah alien.
Komunikasi dengan pasir-botol pun akhirnya dilakukan oleh mereka berdua.

Review 
Ada yang sudah menonton film yang satu ini? Jika jawabannya belum maka anda harus dan wajib menontonnya. Mengisahkan perjuangan seorang pria bernama Kim Seung Keun yang terjebak di sebuah pulau yang anehnya dikelilingi kota. Berusaha sekuat tenaga untuk keluar namun hasilnya nihil dan pada akhirnya Seung Keun memutuskan bertahan hidup di pulau tersebut.

Seung Keun dan rumah barunya
Saat tunas pertama tumbuh
Jung Yeon^^
Makan ikan

Lain Seung Keun lain pula Kim Jung Yeon seorang gadis yang memutuskan mengurung dirinya dari dunia luar termasuk ke dua orang tuanya. Hobbynya berselancar di dunia maya dan memilih menjadi orang lain, memotret bulan di malam hari dan hidup dalam kubangan sampah. Baginya hidupnya yang saat ini jauh lebih nyaman, tanpa berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain.
Sebuah pesan singkat "HELP" membuat mereka mulai berinteraksi satu sama lainnya walaupun waktu yang dibutuhkan untuk saling membahas pesan tidaklah singkat tapi bagi mereka disitulah letak keunikan dan keasyikannya. Seolah sepasang kekasih yang sedang menunggu surat cinta, so sweet.

Minim unsur percintaan begitupun dengan pemain. Pemeran pembantu itupun hanya muncul beberapa menit. Di film ini seolah ingin menitikberatkan pada 2 tokoh saja namun anehnya dapat membuat cerita menjadi lebih hidup dan bahkan membuat rasa penasaran di setiap detiknya, kira-kira apa lagi yang akan terjadi selanjutnya? Akankah Seung Keun memilih berdiam diri di pulau tersebut? Akankah mereka berdua bertemu ataukah hanya sekedar bertukar pesan? Hal apa lagi yang akan dilakukan Seung Kun sebagai manusia modern yang terjebak di situasi primitif?

Dari awal kita dibuat nyaman, membuat kita berfikir bagaimana jika kita berada di posisi Seung Keun, apa kita bisa berpikir cerdas dan cepat seperti dirinya? Ataukah bagaimana jika kita berada di posisi Jung Yeon yang telah merasa nyaman dengan kondisinya tanpa pernah berpikir untuk mencoba sesuatu yang baru?
Aku terkadang tertawa terbahak-bahak terlebih di film yang satu ini unsur komedinya lumayan banyak. Sebut saja ketika Seung Kyun mencoba untuk bercocok tanam dengan menggunakan kotoran burung plus keringatnya yang terasa asin atau ketika ikan-ikan di pinggir sungai mati seketika saat Seung Kyun menggunakan detergent sebagai shampoo.
Tak hanya unsur komedi, script writernya menyelipkan beberapa adegan yang nyaris bahkan membuat aku meneteskan air mata. Yaitu saat Seung Kyun berhasil membuat Jajangmyeon untuk pertama kalinya dan saat badai terjadi T^T....
Film yang sarat makna ini sangat sayang untuk dilewatkan. Bagaimana ketika sebuah bungkus Jajangmyeon dapat memberimu sebuah harapan dan kerja keras untuk mewujudkan semuanya^^


Film Festivals

2009 (34th) Toronto International Film Festival - September 10th-19th - Contemporary World Cinema
2009 (28th) Vancouver International Film Festival - October 1st-16th - Dragons and Tigers
2009 (14th) Pusan International Film Festival - October 8th-16th - Korean Cinema Today - Panorama
2009 (29th) Hawaii International Film Festival - October 15th-25th - Spotlight on Korea
2009 (24th) Mar del Plata Film Festival - November 7th-15th
2010 (12th) Deauville Asian Film Festival - March 10th-14th - The Features Competition
2010 (12th) Udine Far East Film - April 23-May 1 *Italian Premiere
2010 (9th) New York Asian Film Festival - June 25 - July 8 *New York Premiere
2010 (14th) Fantasia Film Festival - July 8-28 *Montreal Premiere
2010 (1st) Korean Film Festival in Australia - October 1-5, 2010
2011 (6th) Korean Film Festival In Paris - October 11-18, 2011 - Landscape 2011

Awards

NETPAC Award - 2009 (29th) Hawaii International Film Festival - October 15-25, 2010
Best Actor (Jung Jae-Young) - 2009 (32nd) Golden Cinematography Awards - December, 2009
Audience Award - 2010 (12th) Udine Far East Film - April 23-May 1, 2010
Black Dragon Audience Award - 2010 (12th) Udine Far East Film - April 23-May 1, 2010
NYAFF 2010 Audience Award - 2010 (9th) New York Asian Film Festival - June 25 - July 8, 2010
Special Jury Prize: - 2010 (14th) Fantasia Film Festival - July 8-28, 2010
Audience Awards - Best Asian Film (Bronze) - 2010 (14th) Fantasia Film Festival - July 8-28, 2010

Source : Asianwiki
DILARANG COPAS YA!!!!!!

1 komentar:

  1. wah, keren ya mbak!
    walau so simple keliatannya^^
    gomawo...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...